Sigap, Polsek Jelai Bersama Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla

Polres Sukamara – Personel Polsek Jelai jajaran Polres Sukamara, Polda Kalteng bersama – sama dengan tim penanggulangan Karhutla melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar, Rabu (09/06/2021).

Kebakaran ini terjadi karena gesekan ranting – ranting kering yang tertiup angin, ditambah lagi saat ini telah memasuki musim kemarau. Setelah titik api terdeteksi, Personel Polsek Jelai bersama – sama dengan tim gabungan langsung ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

Kapolres Sukamara AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, SIK., MT, melalui Kapolsek Jelai Iptu Bambang Eko mengimbau warga agar jangan membakar hutan dengan sembarangan, atau melakukan tindakan – tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Barang siapa yang melakukan pembakaran hutan dan lahan dapat dikenakan Pasal 78 ayat (3) sub Pasal 78 ayat (4) Undang – Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman 15 tahun kurungan penjara dan denda sebesar 5.000.000.000 (lima milyar rupiah)”, tegas Kapolsek Jelai.

“Selain itu dimohon kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati – hati saat beraktifitas saat musim kemarau, karena puntung rokok, bekas korek api, dan api kecil bisa saja menjadi penyebab kebakaran hutan lahan”tambahnya. (AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *